Diagram venn digunakan untuk mempermudah suatu himpunan dikelompokkan, berikut adalah berbagai macam operasi himpunan menggunakan diagram venn sebagai materi dasar untuk menyelesaikan soal matematika kuantitatif.
- Diagram Venn Dua Himpunan
a. A∩B
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/101d2-image-55.png)
b. A∪B
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/63657-image-56.png)
c. B - A
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/1cb39-image-57.png)
d. A - B
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/da67e-image-58.png)
e. (A∪B)-(A∩B)
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/7e72d-image-59.png)
f. Ac
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/b3172-image-60.png)
- Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/a7af7-image-50.png)
A. A∩B∩C
B. A∪B∪C
C. (B∩C)∪A
D. (B∩C)-A
E. A-(B∩C)'
JAWAB : D
2. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah ....
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/bd9ed-image-51.png)
A. (A∩C)-B
B. A∪B∪C
C. (B∩C)∪A’
D. (A∩B)-C
E. (A∩C)-B
JAWAB : E
3. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/3f9c1-image-52.png)
A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. (B∩C)∪A’
D. B-(A∩B
E. B-A-C
JAWAB : D
4. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah ....
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/57c1a-image-53.png)
A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. B-(A∩B)
D. B-(A∪B)
E. B-A-C
JAWAB : E
5. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah....
![](https://mathacking.files.wordpress.com/2022/06/f9ffb-image-54.png)
A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. B-(A∩B)
D. (A∩C)-B
E. B-A-C
JAWAB : D
Lihat video pembahasannya
CONTOH 1 :
- Dari 30 siswa , 16 orang gemar sepak bola, 17 orang gemar basket dan 5 orang tidak suka keduanya. Berapakah banyak siswa yang suka keduanya.
- Dari 40 siswa, 23 orang menyukai pelajaran Matematika, 25 orang menyukai pelajaran Fisika dan 10 orang menyukai keduanya. Berapakah banyak siswa yang tidak suka keduanya
- Di antara 100 siswa, 30 orang suka makanan A, 22 orang suka makanan B, 44 orang suka makanan C, 16 orang suka makanan A dan C, 6 orang suka makanan A dan B, 11 orang suka makanan B dan C, 32 orang tidak suka satu pun di antara ketiga makan tersebut. Hitung banyaknya siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut.
- Dari soal nomor 2, berapakah yang suka makanan A saja.
JAWAB :
VIDEO PEMBAHASAN
Komentar
Posting Komentar