Langsung ke konten utama

CARA CEPAT HIMPUNAN-MATEMATIKA KUANTITATIF

DIAGRAM VENN

Diagram venn digunakan untuk mempermudah suatu himpunan dikelompokkan, berikut adalah berbagai macam operasi himpunan menggunakan diagram venn sebagai materi dasar untuk menyelesaikan soal matematika kuantitatif.

  1. Diagram Venn Dua Himpunan

a. A∩B

b. A∪B

c. B - A

d. A - B

e. (A∪B)-(A∩B)

f. Ac


CONTOH SOAL
  1. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah

A. A∩B∩C
B. A∪B∪C
C. (B∩C)∪A
D. (B∩C)-A
E. A-(B∩C)'

JAWAB : D

2. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah ....

A. (A∩C)-B
B. A∪B∪C
C. (B∩C)∪A’
D. (A∩B)-C
E. (A∩C)-B

JAWAB : E

3. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah

A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. (B∩C)∪A’
D. B-(A∩B
E. B-A-C

JAWAB : D

4. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah ....

A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. B-(A∩B)
D. B-(A∪B)
E. B-A-C

JAWAB : E

5. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah....

A. (A∩B)-C
B. A-B-C
C. B-(A∩B)
D. (A∩C)-B
E. B-A-C

JAWAB : D

Lihat video pembahasannya 



SOAL CERITA HIMPUNAN

CONTOH 1 :

  1. Dari 30 siswa , 16 orang gemar sepak bola, 17 orang gemar basket dan 5 orang tidak suka keduanya. Berapakah banyak siswa yang suka keduanya.
  2. Dari 40 siswa, 23 orang menyukai pelajaran Matematika, 25 orang menyukai pelajaran Fisika dan 10 orang menyukai keduanya. Berapakah banyak siswa yang tidak suka keduanya
  3. Di antara 100 siswa, 30 orang suka makanan A, 22 orang suka makanan B, 44 orang suka makanan C, 16 orang suka makanan A dan C, 6 orang suka makanan A dan B, 11 orang suka makanan B dan C, 32 orang tidak suka satu pun di antara ketiga makan tersebut. Hitung banyaknya siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut.
  4. Dari soal nomor 2, berapakah yang suka makanan A saja.

JAWAB :

VIDEO PEMBAHASAN



Cara Cepat Materi TPS Himpunan soal cerita contoh 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL dan PEMBAHASAN Persamaan Parabola-Ulangan Harian Tipe 1

Persamaan parabola adalah bagian dari kerucut yang diiris (irisan kerucut) yang salah satu hasil irisannya membentuk persamaan parabola. artikel kali ini saya akan membahas soal-soal yang sering keluar saat ulangan harian di sekolah beserta video penjelasannya yang terdiri dari 15 soal. Soal pembahasan persamaan parabola dibahas dengan konsep yang mudah dimengerti, jadi saya harapkan simak semua soal yang saya berikan dan pelajari perlahan-lahan agar kamu bisa dengan mudah menghadapi ulangan harian disekolah. so, langsung disimaqk aja ya pembahasan soalnya. 1. Persamaan parabola yang mempunyai focus (2,0) adalah …. A. x^2=8y B. x^2=-8y C. y^2=8y D. y^2=-8y E. x^2=4y JAWAB : C 2. Persamaan parabola yang mempunyai focus (0,-2) adalah …. A. x 2 =8y B. x 2 =-8y C. y 2 =8y D. y 2 =-8y E. x 2 =4y JAWAB : B 3. Persamaan parabola dibawah ini adalah… persamaan parabola A. x 2 =12y B. x 2 =-12y C. y 2 =12y D. y 2 =-12y E. x 2 =9y ...

LIMIT METODE PEMFAKTORAN

LIMIT METODE PEMFAKTORAN Setelah kita memahami limit metode substitusi berikutnya kita akan menyelesaikan limit metode pemfaktoran. syarat limit metode pemfaktoran ini, bentuk limitnya harus 0/0 sehingga jika difaktorkan fungsi diatas atau dibawah akan menghasilkan limit yang terdefinisi. Sesuai dengan metodenya, yaitu pemfaktoran, kita harus mahir dalam memfaktorkan suatu fungsi, baik fungsi bentuk persamaan kuadrat,bentuk akar, bentuk eksponen bahkan hingga bentuk polinomial. Jika kurang mahir dalam pemfaktoran tentu akan kesulitan dalam menyelesaikan soal limit aljabar. Tapi jangan kuatir divideo yang saya sajikan akan mempermudah kalian dalam memfaktorkan suatu fungsi, jadi jangan lupa yah videonya di tonton. baik, mari kita lihat contoh dibawah ini. contoh 1 yang diberikan masih tergolong mudah, dalam arti bentuk pemfaktorannya masih sederhana untuk merangsang kalian agar lebih semangat dalam menyelesaikan soal limit aljabar CONTOH 1: Hitunglah limit berikut : ...