Langsung ke konten utama

PEMBAHASAN SOAL SIMAK UI 2020

Nomor 1 :

Diketahui x1 dan x2 dengan x1<x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax2+bx+c=0. Jika x1 +x2 =3 dan , maka persamaan kuadrat baru yang jumlah akarnya  (-x1 )x2+(x2 )-x1 dan hasil kali akarnya -x1x2.x2 -x1 adalah ….

JAWAB : B

VIDEO PEMBAHASAN



Matematika dasar Simak UI 2020 Persamaan Kuadrat No 1
No. 2

Jika  dan  memenuhi

, maka nilai x1.x2 adalah ….
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E.10

JAWAB : C



Matematika dasar Simak UI 2020 Logaritma Eksponen No 2
No. 3

Diketahui f(x)+3g-1 (x)=x2+x-18 dan f(x)+2g-1 (x)=x2-18. Jika f-1 bernilai positif, maka g-1 (2)+f-1 (2)=….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
JAWAB : B



Simak UI 2020 Matematika Dasar Fungsi Invers No 3
No. 4

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

JAWAB : A

VIDEO PEMBAHASAN



Simak UI 2020 Matematika dasar Determinan Matriks No 4
No. 5

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

JAWAB : E

VIDEO PEMBAHASAN



Matematika dasar Simak UI 2020 akar Eksponen No 5

Diketahui f(x)=ax+b dengan a > 0. Jika f(x)+g(x)=3x+5 dan (gof)(x)=-4x-7, maka f(-1)+g(-2)=……..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
JAWAB : C

VIDEO PEMBAHASAN



Simak UI 2020 Matematika dasar Fungsi Komposisi No 6
>No. 7

Sebuah dadu seimbang berisi enam dengan angka 1, 2, 3, 4, 6, dan 8 dilempar. Jika pada lemparan pertama muncul angka ganjil, semua angka ganjil pada dadu dikalikan dengan dua. Jika muncul angka genap, semua angka genap pada dadu dibagi dua Jika  dadu dilempar dua kali, probabilitas bahwa angka 4 akan muncul pada pelemparan kedua adalah ....

A. 4/9
B. 1/6
C. 1/3
D. ¼
E. 1/9

JAWAB : B

VIDEO PEMBAHASAN



Simak UI 2020 Matematika Dasar Peluang No 7
No. 8

Jika x < - ( b + 3 ) atau x > - (b + 2) dengan adalah solusi pertidaksamaan

maka nilai b + 5 adalah ….
A. – 5
B. – 3
C. 0
D. 3
E. 7

JAWAB : C

VIDEO PEMBAHASAN



>No.9

Diketahui pada segitiga ABC, AB = BC = 25 dan AC = 30 seperti tampak pada gambar. Jika lingkaran dengan diameter BC memotong AB pada X dan AC pada Y, maka panjang XY adalah ….

A. 13
B. 14
C. 15
D. 16
E. 17
JAWAB :

>No. 10

Diketahui setiap suku barisan aritmetika ao, a1, 20, a3, a4 adalah bilangan bilat positif. Selisih kuadrat dari dua suku yang berurutan pada barisan ini adalah 329. Jumlah suku pertama dan suku keempat barisan ini adalah ….
A. 0
B. 2
C. 26
D. 33
E. 40
JAWAB :



Simak UI 2020 Matematika dasar Barisan Aritmetika No 10
No. 11

Jika g adalah fungsi kuadrat, f(x-1)=2x+1, dan (fog)(x)=2x^2+4x+7, maka g(-1)=….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
JAWAB : A

VIDEO PEMBAHASAN



Simak UI 2020 Matematika dasar Fungsi No 11
No. 12

Jika x, y, 3x + y dan x + 2y + 2 membentuk barisan aritmetika, maka suku ke- 10 barisan tersebut adalah….
A. 54
B. 55
C. 56
D. 57
E. 58
JAWAB : C



Simak UI 2020 Matematika Dasar | Baris Aritmetika No .12
No. 13

A. 4
B. 10
C. 12
D. 3
E. 7
JAWAB : B

VIDEO PEMBAHASAN

No.14

A. - 5 B. - 17/4 C. 1 D. 23/4 E. 7

JAWAB : E



Simak UI 2020 Matematika dasar Fungsi Invers No 14
No. 15

Diketahui delapan orang termasuk tiga bersaudara Ida, Putri, dan Widya akan melakukan perjalanan menggunakan empat kano. Setiap kano dapat dinaiki oleh dua orang. Jika delapan orang tadi akan menaiki empat kano yang tersedia, probabilitas bahwa dua diantara tiga bersaudara Ida, Putri, dan Widya pasti berada pada kano yang sama adalah ….

A. 3/7 B. 4/5 C. 5/5 D. 1/3 E. 3/4

JAWAB : A

VIDEO PEMBAHASAN



Simak UI 2020 Matematika dasar Peluang No 15
No. 16

Jika a, b, c dan d adalah bilangan bulat postif dengan a + b < c + d yang memenuhi ac + bd = 34 dan ad + bc = 43, maka nilai c + d – (a + b) adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
JAWAB : D



Simak UI 2020 Matematika dasar Sistem Persamaan No 16
No. 17

Jika log⁡f(x)+log⁡(y)=log⁡(1+z) dan z=x+xy+y, maka ….
1) f(x)=1+x
2) g(x)=1+y
(3) fofog)(y)=3+y
4) (gogof)(y)=3+x

JAWAB :

VIDEO PEMBAHASAN



No. 18

Jika f(x)=px+q dan g(x)=f(x)(f(x+2)+2), dengan f' (0)=1 dan g' (0)=0, maka….
1) g' (x)=2f(x+2)
2) f' (x)=f(x+1)
3) f(0)=-2f'(0)
4) g(0)=f'(0)

JAWAB :

VIDEO PEMBAHASAN



Matematika dasar Simak UI 2020 turunan diferensial No 18
No. 19

JAWAB :

VIDEO PEMBAHASAN

No. 20

JAWAB :

VIDEO PEMBAHASAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL dan PEMBAHASAN Persamaan Parabola-Ulangan Harian Tipe 1

Persamaan parabola adalah bagian dari kerucut yang diiris (irisan kerucut) yang salah satu hasil irisannya membentuk persamaan parabola. artikel kali ini saya akan membahas soal-soal yang sering keluar saat ulangan harian di sekolah beserta video penjelasannya yang terdiri dari 15 soal. Soal pembahasan persamaan parabola dibahas dengan konsep yang mudah dimengerti, jadi saya harapkan simak semua soal yang saya berikan dan pelajari perlahan-lahan agar kamu bisa dengan mudah menghadapi ulangan harian disekolah. so, langsung disimaqk aja ya pembahasan soalnya. 1. Persamaan parabola yang mempunyai focus (2,0) adalah …. A. x^2=8y B. x^2=-8y C. y^2=8y D. y^2=-8y E. x^2=4y JAWAB : C 2. Persamaan parabola yang mempunyai focus (0,-2) adalah …. A. x 2 =8y B. x 2 =-8y C. y 2 =8y D. y 2 =-8y E. x 2 =4y JAWAB : B 3. Persamaan parabola dibawah ini adalah… persamaan parabola A. x 2 =12y B. x 2 =-12y C. y 2 =12y D. y 2 =-12y E. x 2 =9y ...

Penerapan Aturan Sinus Dan Cosinus

Aplikasi penerapan rumus aturan sinus dan kosinus dalam kehidupan sehari-hari banyak dipakai dalam dunia kelautan, seperti menghitung jarak kapal jika diketahui sudut antara kapal atau mencari sudut antara dua kapal jika diketahui jarak masing-masing kapal. Berikut ini saya sajikan contoh soal aplikasi aturan sinus dan kosinus. CONTOH 1: Dua kapal A dan B meninggalkan pelabuhan P bersama-sama. Kapal A berlayar dengan arah 030 o dan kecepatan 30 km/jam, sedangkan kapal B berlayar dengan arah 090 o dan kecepatan 45 km/jam. Jika kedua kapal berlayar selama 2 jam, maka jarak kedua kapal tersebut adalah? JAWAB : buatlah gambar lintasan kapal tersebut dengan jarak, kecepatan kapal dan sudut yang diketahui pada soal Jarak PA = vA.t = 30 ×2 = 60 km Jarak PB = vB.t = 45 ×2 = 90 km α=∠APB=90 o – 30 o = 60 o Gunakan aturan cosinus untuk mencari jarak AB Sebuah kapal berlayar dari pelabuhan A ke pelabuhan B sejauh 40 mil dengan arah 30o dan kemudian berpu...

CARA CEPAT HIMPUNAN-MATEMATIKA KUANTITATIF

DIAGRAM VENN Diagram venn digunakan untuk mempermudah suatu himpunan dikelompokkan, berikut adalah berbagai macam operasi himpunan menggunakan diagram venn sebagai materi dasar untuk menyelesaikan soal matematika kuantitatif. Diagram Venn Dua Himpunan a. A∩B b. A∪B c. B - A d. A - B e. (A∪B)-(A∩B) f. A c CONTOH SOAL Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah A. A∩B∩C B. A∪B∪C C. (B∩C)∪A D. (B∩C)-A E. A-(B∩C)' JAWAB : D 2. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah .... A. (A∩C)-B B. A∪B∪C C. (B∩C)∪A’ D. (A∩B)-C E. (A∩C)-B JAWAB : E 3. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah A. (A∩B)-C B. A-B-C C. (B∩C)∪A’ D. B-(A∩B E. B-A-C JAWAB : D 4. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah .... A. (A∩B)-C B. A-B-C C. B-(A∩B) D. B-(A∪B) E. B-A-C JAWAB : E 5. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah.... A. (A∩B)-C ...