Langsung ke konten utama

Luas Bangun Datar Dengan Trigonometri

Jika ∆ABC adalah segitiga sembarang, maka Rumus Luas ∆ABC adalah :

segitiga ABC sembarang

Rumus Luas Segitiga Sembarang
L=1/2 b.c.sinA
L=1/2 a.c.sinB
L=1/2 a.b.sinC
Dengan L = luas ∆ABC

CONTOH 1 :

Diberikan ∆ABC, dengan ∠A= 30o, b = 8 cm cm, dan c = 12 cm . Hitunglah luas ∆ABC tersebut !
JAWAB :

Lihat video untuk contoh 1 :



Luas segitiga sembarang dengan trigonometri contoh 1

CONTOH 2:
Diberikan ∆ABC, ∠A=60o , ∠C=45o dan c = 14 cm. Hitunglah luas ∆ABC tersebut.
Sin 75o=1/4(√6+√2).

JAWAB :

Cari nilai b dan ∠B untuk mencari Luas ∆ABC
Dengan perbandingan sinus.
∠B=180o – 45o – 60o = 75o

Jadi Luas ∆ABC

Lihat Video Untuk Contoh 2



Luas segitiga Sembarang dengan trigonometri contoh 2

CONTOH 3:
Diberikan jajargenjang ABCD dengan ∠A=30o, AD = 12 cm, AB = 16 cm. Tentukan luas jajargenjang ABCD.
JAWAB :

LABCD = AB.AD.sinA
LABCD = 16.12.sin30o = 16.12.1/2
LABCD = 96 cm2
Jadi luas jajar genjang ABCD adalah 96 cm2

Lihat Video Untuk Contoh 3



Luas Jajar Genjang dengan trigonometri contoh 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA CEPAT HIMPUNAN-MATEMATIKA KUANTITATIF

DIAGRAM VENN Diagram venn digunakan untuk mempermudah suatu himpunan dikelompokkan, berikut adalah berbagai macam operasi himpunan menggunakan diagram venn sebagai materi dasar untuk menyelesaikan soal matematika kuantitatif. Diagram Venn Dua Himpunan a. A∩B b. A∪B c. B - A d. A - B e. (A∪B)-(A∩B) f. A c CONTOH SOAL Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah A. A∩B∩C B. A∪B∪C C. (B∩C)∪A D. (B∩C)-A E. A-(B∩C)' JAWAB : D 2. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah .... A. (A∩C)-B B. A∪B∪C C. (B∩C)∪A’ D. (A∩B)-C E. (A∩C)-B JAWAB : E 3. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah A. (A∩B)-C B. A-B-C C. (B∩C)∪A’ D. B-(A∩B E. B-A-C JAWAB : D 4. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah .... A. (A∩B)-C B. A-B-C C. B-(A∩B) D. B-(A∪B) E. B-A-C JAWAB : E 5. Daerah yang diarsir pada diagram venn berikut adalah.... A. (A∩B)-C ...

SOAL dan PEMBAHASAN Persamaan Parabola-Ulangan Harian Tipe 1

Persamaan parabola adalah bagian dari kerucut yang diiris (irisan kerucut) yang salah satu hasil irisannya membentuk persamaan parabola. artikel kali ini saya akan membahas soal-soal yang sering keluar saat ulangan harian di sekolah beserta video penjelasannya yang terdiri dari 15 soal. Soal pembahasan persamaan parabola dibahas dengan konsep yang mudah dimengerti, jadi saya harapkan simak semua soal yang saya berikan dan pelajari perlahan-lahan agar kamu bisa dengan mudah menghadapi ulangan harian disekolah. so, langsung disimaqk aja ya pembahasan soalnya. 1. Persamaan parabola yang mempunyai focus (2,0) adalah …. A. x^2=8y B. x^2=-8y C. y^2=8y D. y^2=-8y E. x^2=4y JAWAB : C 2. Persamaan parabola yang mempunyai focus (0,-2) adalah …. A. x 2 =8y B. x 2 =-8y C. y 2 =8y D. y 2 =-8y E. x 2 =4y JAWAB : B 3. Persamaan parabola dibawah ini adalah… persamaan parabola A. x 2 =12y B. x 2 =-12y C. y 2 =12y D. y 2 =-12y E. x 2 =9y ...

LIMIT METODE PEMFAKTORAN

LIMIT METODE PEMFAKTORAN Setelah kita memahami limit metode substitusi berikutnya kita akan menyelesaikan limit metode pemfaktoran. syarat limit metode pemfaktoran ini, bentuk limitnya harus 0/0 sehingga jika difaktorkan fungsi diatas atau dibawah akan menghasilkan limit yang terdefinisi. Sesuai dengan metodenya, yaitu pemfaktoran, kita harus mahir dalam memfaktorkan suatu fungsi, baik fungsi bentuk persamaan kuadrat,bentuk akar, bentuk eksponen bahkan hingga bentuk polinomial. Jika kurang mahir dalam pemfaktoran tentu akan kesulitan dalam menyelesaikan soal limit aljabar. Tapi jangan kuatir divideo yang saya sajikan akan mempermudah kalian dalam memfaktorkan suatu fungsi, jadi jangan lupa yah videonya di tonton. baik, mari kita lihat contoh dibawah ini. contoh 1 yang diberikan masih tergolong mudah, dalam arti bentuk pemfaktorannya masih sederhana untuk merangsang kalian agar lebih semangat dalam menyelesaikan soal limit aljabar CONTOH 1: Hitunglah limit berikut : ...